Sepinya Kelasku

Waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 15.30 dan saya baru selesai shalat ashar di musola. Dari kejauhan dosen terlihat berjalan memasuki kelas. Saya tergopoh-gopoh mengikuti. Di dalam, beberapa mahasiswa sudah duduk di bangkunya masing-masing. Saya hitung jumlah kami sekitar 10 orang. Sepinya kelas sangat mencolok karena luasnya ruangan, yang sebenarnya dapat menampung 100 orang lebih. Dan pada kelas sore ini, yang hadir seharusnya 80 anak, karena merupakan kelas gabungan dua kelas.

Saya menarik nafas panjang (dan tak lupa membuangnya). Saya melihat raut wajah dosen yang mungkin agak sedikit kecewa (lagi). Dosen yang satu ini memang terlalu baik. Beliau tidak pernah tegas menertibkan kehadiran mahasiswa atau curiga, curiga kenapa kelas sering sepi, namun daftar absensi mahasiswa penuh.

Di jaman seperti ini, kehidupan pragmatis sudah menular ke mahasiswa. Kalau tidak ada yang penting, mereka tidak akan masuk kelas. Kalau bisa TA (titip absen), mereka akan TA.

Dosen langsung memulai kelas. Agenda hari itu adalah penilaian judul tugas akhir semester yang kami ajukan, apakah judul diterima atau ditolak. Tapi bukan itu yang mau saya ceritakan.

Selang beberapa menit seterusnya satu dua mahasiswa memasuki kelas. Ada yang membawa tas, ada yang tidak (supaya bisa keluar setelah ttd absensi). Sampai sekitar pukul 16.30 (telat 1 jam) pun masih ada beberapa mahasiswa yang baru masuk kelas. Dan tanpa permisi. Dan dosen tidak menegur. Dan saya menarik nafas panjang lagi (dan buang lagi).

Di sini, di jurusan yang passing grade-nya nomor satu di Jawa Timur masih bisa saya temukan yang seperti ini. Kami mungkin unggul dalam kemajuan pendidikan teknologi, tapi harus saya katakan, kami kurang akhlak.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under My Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s