Sepotong Kue

Di sebuah perjalanan dalam pesawat terbang komersil, ada seorang wanita dan seorang penumpang lain. Suatu ketika saat di tengah perjalanan, wanita itu memakan kue yang ditaruh di samping tempat duduknya. Dan anehnya, penumpang yang ada di sebelahnya ikut memakan kuenya itu. Setiap dia makan satu kue, penumpang yang duduk di sebelahnya pun juga makan satu kue. Begitu seterusnya.

Dalam hati wanita ini bertanya-tanya dan merasa kesal karena kuenya dimakan oleh penumpang yang tidak dikenalnya. Tiba saatnya kue terakhir di kantong kue tersebut. Sambil tersenyum, penumpang yang ada di sebelahnya kemudian membagi kue tersebut menjadi dua. Wanita itu mengambil dengan kesal kue terakhirnya.

Dalam hati, dia ingin segera perjalanan berakhir sambil terus bertanya-tanya kok bisa  ada penumpang yang belum dikenalnya berani menghabiskan kuenya. Akhirnya, perjalanan pun usai. Wanita tersebut berpisah dengan penumpang itu untuk melanjutkan perjalanan. Saat sudah berpisah dengan penumpang tersebut, wanita itu membuka tasnya dan merasa terkejut. Kue yang sama persis saat dimakan di pesawat tadi masih utuh dalam tempatnya. Kemudian dia berpikir, berarti tadi kue penumpang yang ada di sebelahnya.

Sambil terkejut dan menahan malu terhadap dirinya sendiri mengingat bagaimana prasangka tidak baiknya terhadap penumpang yang belum dikenalnya tadi. Mengingat betapa penumpang yang ada disebelahnya tadi telah baik hati membagi kue kepada orang yang tidak dikenalnya. Mengingat betapa dia dengan kasar mengambil potongan kue terakhir dari tangan penumpang tadi. Ya, saat mau meminta maaf kepada penumpang tadi, semuanya sudah terlambat. Karena dia pun tidak mengenal penumpang itu. Tidak tau kemana perginya penumpang itu. Hanya penyesalan karena telah berprasangka buruk kepada orang yang telah berbuat baik baginya.

NB: Saya lupa baca kisah ini dari mana. Tolong kasih tau kalau ada yang tahu sumber aslinya.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s