Ridwan Kamil, Seorang Arsitek Maju untuk Bandung 1

Hari ini, Ridwan Kamil, berpasangan dengan Oded M Daniel (Ketua DPD PKS Bandung), mendeklarasikan pencalonan diri sebagai walikota Bandung. Pasangan Rido ini diusung dua partai besar PKS dan Gerindra beserta 23 partai non-parlemen.

Saya ikut bersemangat ketika mengetahui Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil ini maju dalam pilwakot Bandung 2013 ini. Ridwan Kamil saya kenal sebagai seorang arsitektur kebanggaan Indonesia yang sudah melahirkan karya-karya besar di Indonesia dan dunia, serta seorang penggiat kreatifitas untuk menyelesaikan masalah-masalah di dalam masyarakat, yang sudah dilakukannya pada beberapa tahun terakhir di Bandung.

Saya pertama kali mengenal beliau melalui video di bawah ini, sekitar dua tahun lalu. Pada video tersebut, beliau berbicara mengenai kreatifitas yang dapat dikembangkan untuk menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan.

Karya-karya besar Bang Emil di Indonesia antara lain Museum Tsunami Aceh di Aceh, Masjid al-Irsyad di Bandung dengan arsitektur yang unik berbentuk kotak, dan Superblok Rasuna Epicentrum di Kuningan seluas 12 hektare, yang meliputi Bakrie Tower, Epicentrum Walk, perkantoran, ritel dan waterfront, serta karya-karya lain.

Di mancanegara, Bang Emil telah mengarsiteki sejumlah proyek besar seperti di Singapura, Thailand, Vietnam, Cina, Hong Kong, Bahrain dan Uni Emirat Arab. Contoh karyanya adalah Marina Bay Waterfront Master Plan di Singapura, Suktohai Urban Resort Master Plan di Bangkok dan Ras Al Kaimah Waterfront Master di Qatar-UEA.

Di sisi yang lain, Bang Emil juga mendirikan Bandung Creative City Forum. Bandung Creative City Forum adalah organisasi ekonomi kreatif yang dimotorinya. Anggotanya adalah komunitas-komunitas kreatif yang siap bersinergi menyelesaikan masalah kaum urban di Kota Bandung.

Dengan usia yang muda tapi sudah matang yaitu 42 tahun, masih banyak kerja-kerja besar yang bisa dilakukan oleh Bang Emil untuk Indonesia dan Bandung khususnya. Dengan semangat kreatifitas dan kerja keras, Bang Emil diharapkan dapat memajukan Bandung seperti yang sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini. Dan dengan jabatan walikota, Bang Emil dapat mengerahkan seluruh pemikiran dan tenaganya dengan lebih leluasa. Salah satu visi beliau adalah menerapkan konsep 30% lahan hijau untuk wilayah Kota Bandung.

Saya bukan orang Bandung, tapi sebagai warga Indonesia saya juga berharap Bandung dapat dipegang oleh orang yang tepat dan peduli. Dan saya melihat hal itu ada pada diri Ridwan Kamil. Maju terus Kang!

Untitled

Iklan

1 Komentar

Filed under Random

One response to “Ridwan Kamil, Seorang Arsitek Maju untuk Bandung 1

  1. uttha

    Ayo kang Ridwan Kamil jadi walikota!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s