Pengalaman Saya UN

Indonesia lagi heboh bahas soal UN. Adanya penundaan UN di beberapa tempat semakin membuat citra buruk UN. Sudah menjadi rahasia umum kalau waktu UN banyak terjadi kecurangan antarsiswa dan antara siswa dan pengawas dan oleh siswanya sendiri secara pribadi.

Saya UN SMA tahun 2009. Waktu itu terkenal dengan istilah ‘serangan fajar’. Serangan fajar adalah munculnya kunci jawaban via sms atau kertas yang entah penyebarnya siapa dan kebenarannya bagaimana. Teman-teman pada waktu itu banyak yang datang lebih pagi untuk melihat dan bahkan mencatat kunci-kunci jawaban itu. Siapa tau berguna.

Alhamdulillah saya tidak ikut-ikutan menyontek kunci jawaban misterius itu. Saya waktu itu percaya saya bisa mengerjakan soal UN sendiri. Kita sudah belajar 3 tahun, setahun terakhir ada pengayaan di sekolah sampai sore. Bahkan ada yang masih menambah dengan bimbingan les. Masa’ masih bodoh juga?

Bagi saya, UN juga tidak terlalu penting. Yang penting lulus, kan? Nilai yang diperoleh tidak berpengaruh untuk mendaftar di universitas, waktu itu. Makanya target saya cuman lulus. Dan alhamdulillah lulus, dengan nilai pas-pasan antara 7 sampai 8. Untuk sekedar mendapat nilai segitu, saya rasa tidak perlu mencontek.

Saya tidak tahu tapi mungkin beban UN yang terlalu besar, sehingga pelakunya menghalalkan berbagai cara untuk sukses. Saya pribadi berharap ada transformasi UN sehingga tidak hanya menjadi satu-satunya tolok ukur kelulusan. Sekolah juga harus diberikan sebagian wewenang untuk menentukan kelulusan siswa-siswanya. Tapi tentu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sistem pendidikan yang memadai.

Sukses buat yang masih UN. Percayalah pada diri sendiri. Trust life a bit.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under My Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s