Tiga Panduan dalam Berdoa

Zakat Center PKPU Cabang Surabaya

Dalam masalah doa, Rasulullah memberikan tiga panduan. Yang pertama adalah tidak tergesa-gesa. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah, “Dikabulkan bagi seseorang di antara kalian selagi dia tidak tergesa-gesa mengatakan, “Aku telah berdoa, tetapi masih belum diperkenankan juga bagiku.” (HR. Imam Malik)

Hal ini karena memang Allah memiliki rahasia tersendiri yang mungkin tidak kita sadari sehingga panduan keduaialah selalu berprasangka baik kepada Allah. Hal ini karena Rasulullah sendiri pernah menyampaikannya.

Tiada seorang muslim pun yang memanjatkan suatu doa keapda Allah yang di dalamnya tidak mengandung permintaan yang berdosa dan tidak pula memutuskan silaturahim, melainkan Allah pasti memberinya berkat doa itu salah satu dari tiga perkara berikut, yaitu: Adakalanya permohonannya itu segera dikabulkannya, adakalanya permohonannya itu disimpan oleh Allah untuknya kelak di hari kemudian, dan adakalanya dipalingkan darinya suatu keburukan yang semisal dengan permohonannya itu. Mereka (para sahabat berkata, “Kalau begitu, kami akan memperbanyak doa.” Nabi Saw. menjawab, “Allah Maha Banyak…

Lihat pos aslinya 93 kata lagi

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Adab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s